REVIEW RUMAH BELAJAR VCT Batch 5

TUGAS REVIEW RUMAH BELAJAR 1

Seri Manual GLS (Gerakan Literasi Sekolah) - Membaca untuk Kesenangan



Seri Manual GLS - MEMBACA UNTUK KESENANGAN

Penulis: Sofie Dewayani 
Penyunting: Pangesti Wiedarti 
Penelaah: Roosie Setiawan & Dewi Utama 
Cetakan 1 : Oktober 2018 
Diterbitkan oleh : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 

Seri manual GLS ini terintegrasi baik dengan program implementasi kurikulum 2013, penguatan pendidikan karakter dan program Kemendikbud lainnya. Seri manual ini berguna untuk menumbuhkan generasi yang memiliki kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah dengan kreatif, mampu berkolaborasi, dan berkomunikasi dengan baik. 

Kelebihan : seri manual ini dikemas dengan layout yang menarik sehingga tidak terkesan membosankan. Diawali dengan pembahasan mengenai apa itu membaca menyenangkan hingga solusi dari beberapa permasalahan minat baca, bahan bacaan, dan pembaca itu sendiri.

Kekurangan : dalam seri manual ini ukuran tulisan / font kurang besar sehingga perlu diperbesar. Kemudian ada beberapa poin materi/sub judul yang kurang terperinci dalam penjabarannya.

Saran : pembahasan/sub judul lebih disinkronkan atau diteliti lagi dan lebih detail dalam penjabarannya. Begitu pula dengan ukuran tulisan dalam setiap poin materinya agar lebih seimbang. Seri manual ini cukup memberikan pedoman bagi setiap sekolah agar selalu memperbaiki atau mengevaluasi program literasi sekolah agar tepat dan optimal dalam pelaksanaannya.

https://youtu.be/bJIxDKjuShQ

https://jogja-vci.blogspot.com/





TUGAS REVIEW RUMAH BELAJAR 2

HABIS GALAU TERBITLAH GEMILANG
Bacaan Anak Remaja Tingkat SMA


Judul : Habis Galau Terbitlah Gemilang - Bacaan untuk Remaja tingkat SMA
Penulis : Ratih Ayu Apsari, S.Pd., M.Sc., M.Pd
Penyunting : Drs. Djamari, M.M.
Tahun terbit : Oktober 2018
Penerbit : Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Buku ini sebagai bentuk usaha membantu pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan minat dan motivasi membaca generasi muda di Indonesia. Buku ini khusus sebagai bacaan anak remaja tingkat SMA. Buku ini berisi 5 sub judul yang berkisah tentang kehidupan dan perjuangan anak muda Indonesia dalam menggapai mimpinya demi masa depan. Subjudul tersebut yaitu Buku Bekas Sang Professor; Berpikir, Berkata dan Berbuat yang Baik; Perayaan Tujuh Belas Tahun untuk Nayra; Manusia-manusia Pendoa; dan Pesan Cinta Tak Bernama.

Kelebihan : bahasa dan isi cerita sesuai dengan anak tingkat SMA. Di dalamnya menceritakan tentang perjalanan menempuh pendidikan hingga menjadi sukses dengan pekerjaannya. Ada pula disisipi cerita asmara anak SMA namun masih dalam batas wajar dan dikemas dengan bahasa yang tepat dan mudah dipahami anak tingkat SMA. Banyak pembelajaran yang dipetik dalam setiap sub judul ceritanya.

Saran yang dapat diberikan yaitu ragam ceritanya dapat ditambah sehingga semakin banyak pembelajaran atau pengalaman hidup bagi si pembaca khususnya remaja anak SMA. Selain itu dapat dikembangkan buku-buku bacaan lain bagi remaja yang disesuaikan dengan kehidupan nyata atau konkrit saat ini dan disertakan solusi dari permasalahan yang dihadapi anak remaja saat ini.
Terimakasih.

https://youtu.be/fLViAKQnHuI


https://jogja-vci.blogspot.com/

Komentar